Friday, May 17, 2013

Konser Pelipur Lara


Hari-hari yang menuju membosankan gw jalani setiap harinya. Gimana gak bosen, kerjaan gw kalo gak internetan, nonton Running Man, belajar buat tes TOEFL, atau tidur. Mangkanya pas Sabtu lalu beres Goethe gw diajakin sama temen-temen buat nonton paduan suara dari Munich hari ini, gw langsung tertarik. Tanpa dinyana tiketnya laku keras sampe-sampe si Fino mesti daftar waiting list biar kita dapet tiket (yaiyalah gretongan). Dan, harinya pun tiba. Syukurlah kita kebagian tiket dan gw berharap akan terhibur di malem Jumat ini karena hp gw kemaren habis kejebur ke kloset dan gak bisa nyala alias metong.

Paduan suara ini bernama Münchner Kammerchor dan berkonsep a capella yang berasal dari Munich. Konsernya diadain di Universitas Maranatha yang terletak di jalan Surya Sumantri.


Sedikit cerita dulu, gw yang berangkat dari rumah memutuskan buat ambil jalan lewat Cimahi karena ntarnya akan langsung nembus di perempatan Pasteur. Jadi gw pikir lewat sana bakal kerasa lebih deket dan lebih cepet. Eh ternyata pas gw sampe perempatan Pasteur (dari arah Gunung Batu), gw ngeliat plang forbidden untuk ke arah sana. Pasrah gw belok ke Pasteur maksudnya nyari tempat ambil U-turn yang ternyata gak ada. Lalu gw belok kiri ke Babakan Jeruk, nembus di sebrang Maranatha. Namun karena sepanjang jalan itu ada separatornya dan gak ada celah sama sekali untuk dilewatin, gw balik lagi ke Pasteur. Ternyata untuk ke arah Gunung Batu harus ambil arah masuk ke tol trus keluar di depan P3L itu lah, trus masuk terowongan dan nembus2 di deket komplek dosen Unpar. Aduh pokoknya gak jelas banget lah itu jalan Pasteur & Surya Sumantri. Mungkin karena ada unsur “Sumantri”nya jadi we gak jelas -_- Pasrah gw dateng telat tapi ternyata Alhamdulillah konsernya belom mulai. Dasar Endonesa.

Malem hari tadi pertunjukan dibuka dengan penampilan dari Paduan Suara Maranatha. Secara kostum mereka niat banget pake kostum ala2 Papua gitu. Mereka bawain 3 lagu daerah Indonesia, yaitu Sibatumanikam, Cingcangkeling, sama Yamko Rambe Yamko. Overall suara mereka bagus cuma gerakannya gak serempak dan gw perhatiin masih ada beberapa yang lupa. Tapi keren sih, bravo padus Marnat!

Akhirnya Münchner Kammerchor pun masuk panggung. Konser yang berdurasi kurang lebih 70 menit ini dibagi jadi 2 Part. Yang pertama Nyanyian gerejawi dan mazmur dengan durasi 32 menit sedangkan yang kedua Madrigale lagu rakyat dengan durasi 38 menit. Madrigale atau madrigal itu semacam teknik a capella yang berasal dari Itali. Kalo ditanya lebih jauh madrigal itu apa, gw pun gak tau. Waktu padus SMP gak pernah diterangin soalnya haha.

Nah, di bagian pertama ini mereka bawain lima lagu. Dari kelima lagu ini, yang paling enak sependengaran gw adalah “Singet dem Herrn ein neues Lied” (Nyanyikanlah bagi Tuhan nyanyian baru) walaupun durasinya yang paling lama, 13 minuten! Di lagu ini semacam ada efek-efek biolanya gitu. Namanya juga a capella hhaa. Pencipta aslinya adalah Johan Sebastian Bach. Si Yudovan pasti kenal banget sama Herr Bach.

Bagian kedua nampilin sembilan lagu und am besten ist “Nun ruhen alle Wälder” (Seluruh hutan pun terlelap). Syahdu syahdu gimanaaa gitu. Liriknya emang panjang sih, tapi durasinya cuma 4,5 menit. Lagu “Lang ist die Zeit” (Panjang waktunya) juga kereeen!! Kali ini mereka nyanyi dengan efek-efek Cello atau bass betot. Liriknya pun bagus, cocok banget buat gw keknya. Hahahaha… Dan emang literally panjang sih, 14 menit.

List lagu:
1. Lobet den Herrn, alle Heiden
2. Die mit Tränen säen
3. Jauchzet dem Herrn
4. Aus der Tiefe ruhe ich, Herr, zu Dir
5. Singet den Herrn ein neues Lied
-----------------------------------------------------
6. Nun fanget an ein gut’s Liedlein zu singen
7. Tanzen und Springen, singen und klingen
8. O la, o che bon echo
9. Sah ein Knab ein Röslein stehn (Heideröslein)
10. Die Minnesänger
11. All meine Herzgedanken
12. In der Welt habt ihr Angst
13. Lang ist die Zeit
14. Nun ruhen alle Wälder

Setelah lagu pamungkas “Nun ruhen alle Wälder”, tepuk tangan meriah bergemuruh. Trus Frau Sulastri ke atas panggung dan ngasih masing-masing personil selendang batik (Ada 18 personil termasuk conductor-nya). Ada personil cewe yang cantik banget dan suaranya juga bagus. Kedengeran soalnya dia cukup sering nyanyi sendiri dan ternyata dia lagi hamil!!! Emang ibu hamil itu aura cantiknya suka keluar ga kira-kira.


Selesai itu, mereka kasih satu bonus track (kalo di kaset-kaset mah) yaitu SOLERAM!! Lucu banget siah liat bule nyanyi lagu Endonesa. Akhir lagu ini dibawakan dengan sangat sabi yang membuat seluruh penonton standing ovation walaupun ada beberapa yang enggak sih gw yakin karena mager zzz. Trus penonton di belakang ada yang tereak “noch ein mal!” (Sekali lagi). Norak sih emang tapi gw juga mau banget mereka ngasih encore buat kita. Akhirnya sebagai penutup konser malam hari tadi, dinyanyiin deh lagu yang kayaknya judulnya “Halelujah” karena cuma satu kata itu doang yang disebut hahha.  Baidewei cukup sering kata ini kesebut di beberapa lagu. Halelujah atau Haleluya sendiri artinya “Pujilah Tuhan” yang sering dipake orang-orang agama Yahudi dan Kristen. Kalo di Islam semacam “Alhamdulillah” gitu ya tapi awas jangan disamain artinya..

Wah keren banget deh pertunjukan Münchner Kammerchor malem tadi. Gw berasa lagi nonton konser/orkes di Theater Eropa gitu. Yang pasti pertunjukan semacam ini bakal sering diadain kerjasama dengan Goethe dan tiketnya gratis pula hahaa.. Penasaran, apa ya berikutnya?

PS: Hp gw nan mati kecemplung kloset kemaren akhirnya bisa nyala setelah gw taro di beras 24 jam!! Alhamdulillah

Monday, May 13, 2013

Utama atau Figuran?

Kadang-kadang orang suka ngerasa jadi pemeran utama dalam segala hal padahal tanpa ada pemeran pembantu atau figuran di sekitarnya, seseorang gak bakal keliatan sebagai yang UTAMA.

Hidup ini, aaah remahan batagor lah..