Saturday, December 24, 2011

kenapa ya?

kenapa ya? gini banget? kenapa????

Tuesday, December 20, 2011

an always-remembered-words

ada hal yang ibu saya tanamkan sedari saya kecil,

"belajarlah hidup prihatin, nak"

dan di lingkungan tempat saya menuntut ilmu sekarang yang notabene kalangan keluarga sangat mampu, penerapannya pun jadi sangat diuji. bersyukur masih ada teman yang bisa diajak prihatin, bisa menghargai setiap rupiah dengan tidak membuang-buang uang orangtua, dan bisa "melihat ke bawah"..

Wednesday, December 7, 2011

London, Vanessa Carlton

Waste away the days
Waiting on a new age
But time betrays me
And I get older one more year

Walk London’s windy streets
Go anywhere but home
‘Cause I’m looking for the secrets
That only cobble stones hold
Only the cobble stones know

And I’ve never been so sure
That after all these years, I’ll never learn
That heavenly creatures never come

You’ve got a knife-throwing kind of love
But your silence cuts the deepest
And I know I’ve made a mess of things
And I’m sorry for all that
Wish we could get the time back

Because I’ve never been so sure
That after all these years, I’ll never learn
That heavenly creatures never come
Wait for it
Wait for it

Now I’m staring at the sun
As if there’s a riddle I’m not in on
‘Cause the wolves howl to the Moon
And she never answers back
No, she never answers back

And after all these years, I’ve never learned
That heavenly creatures never, never been so sure
That after all these years, I’ll never learn
That heavenly creatures never come, oh

Waste away the days
Waiting on a new age

eventhough my life isn’t that sad as that song, but it mostly true

welcome my new age! happy birthday to me.. hope in this age that “heavenly creature” really come to me and the moon answer this howl, immediately

Wednesday, October 19, 2011

jangan pernah memutuskan sesuatu sebelum kamu yakin benar bagaimana sesuatu itu

jangan terlalu yakin bahwa kamu benar-benar suka ini, tidak suka itu, ingin begini, dan tidak mau begitu

dan jika malahan ternyata kamu tidak suka ini, suka itu, tidak ingin begini, dan mau begitu..

lebih baik tidak usah bilang apa-apa sebelumnya karena saya adalah tukang nagih. nagih janji, omongan, bahkan duit.

[namanya juga manusia yaaaan]

Tuesday, October 18, 2011

why is it so hard to face the future??

mungkin kedengarannya cupu. tapi, apakah kalian semua pernah ngerasa berat atau takut untuk menghadapi kehidupan kalian ke depannya? saya sendiri menganggap ini adalah masalah karena sebetulnya saya termasuk orang yang sulit menerima perubahan. terlebih jika saya sudah berada di comfort zone saya sendiri.

obrolan berawal dari percakapan saya, reneica, dan firmansyah di perpustakaan GD-ITB. Kami semua merasa belum siap dengan tantangan hidup kedepannya gara-gara sebuah topik:
LAPORAN KERJA PRAKTEK

yang merambat pada sebuah hal:
TUGAS AKHIR.

kami semua masih belum bisa terima kalau kami udah harus mikirin ini. kenyataan ini dan kenyataan yang lainnya masih sangat sulit saya terima. misalnya, saya sekarang yang masih mahasiswa tingkat 4, harus menerima bahwa sebagian besar teman-teman SMA saya sudah lulus kuliah dan menghadapi dunia kerja. bahkan beberapa sudah menikah dan tinggal menghitung minggu menanti kehadiran si bayi. Maka saya pun tidak lama lagi harus mengerjakan Tugas Akhir lalu mencari pekerjaan. oh, kelupaan, mencari jodoh -NAH INI BENAR-BENAR MASALAH-, lalu menikah. oh, tidak, itu semua tampaknya SUDAH DI PELUPUK MATA!!!

pernah gak sih, kalian 5-10 tahun yang lalu membayangkan kehidupan kalian 5-10 tahun ke depan? oke, saya pernah. umur 15 tahun saya membayangkan bagaimana kehidupan saya 5 tahun mendatang. dalam imajinasi saya, saya adalah seorang mahasiswa tingkat akhir, sukses dengan kuliahnya, dan punya pacar.

KENYATAAN:
1. umur 20 tahun, saya masih tingkat 3
2. prestasi kuliah saya belum bisa dibilang sukses
3. saya tidak punya pacar.

dan itu semua MASALAH.

oke, mari kita flashback. saya adalah murid kelas 3 SMA, akan segera kuliah. saya udah punya pilihan melanjutkan pendidikan kemana, tinggal dijalani. tapi saya takut, saya nyaman dengan status murid sekolah, santai, do what i wanna do. tapi, saya harus kuliah. perlu waktu dua tahun untuk saya menyadari sepenuhnya bahwa saya adalah MAHASISWA. kemudian sekarang, saya adalah mahasiswa, akan segera bekerja. saya udah punya pilihan akan bekerja dalam bidang apa. tapi saya takut, saya nyaman dengan status mahasiswa, aktif, selagi masih bisa. tapi, saya harus bekerja. dan saya tidak mau menunggu waktu dua tahun pula untuk menyadari bahwa saya harus BEKERJA.

saya sering sekali terbawa kedalam kenangan selama hidup. dari semenjak saya yang belajar berjalan, sekolah TK (yang kelamaan [3 tahun]), hari pertama SD kelas 1 hingga hari terakhir kelas 6, memiliki sahabat, menjadi murid SMP dan SMA, pertama kalinya menstruasi, pertama kalinya punya pacar, merasa menyakiti dan disakiti, pertengkaran dengan teman, air mata karena laki-laki, menyayangi dan disayangi, memiliki teman-teman yang tidak bisa digantikan dengan apapun, tanggung jawab lebih sebagai anak sulung, masalah keluarga, perjuangan untuk pendidikan, bermacam-macam organisasi, dll hingga kenangan kerja praktek ataupun lebaran kemarin.

namun itu semua telah berhasil saya lewati, bukan? tinggal kenangan. entah kenapa saya terlalu mendewakan yang namanya kenangan. seburuk apapun, tidak mau saya lupakan. saya menikmati saat-saat mengingatnya.

time fades away but memories always forever

tinggal sekarang bagaimana menghadapi kenyataan yang ada di depan mata. yang sangat jelas terlihat adalah:
1. laporan kerja praktek
2. ospek jurusan
3. mata kuliah mengulang
4. tugas akhir

dan yang tidak jelas terlihat satu-satunya adalah: PACAR.


you are the future. you will design the future, the future will be so bright. and the future depends on NOW!!

Wednesday, September 28, 2011

benderang lampu kota di kala malam

dulu, ketika masih kecil, saya senang jika berada di perjalanan dalam mobil saat malam hari

senang melihat lampu-lampu kota, lampu-lampu kendaraan terang benderang

benderang itu seperti menggambarkan keceriaan dan rasa ingin tahu


dulu, saat beranjak remaja, benderang lampu kota tetap menjadi favorit saya

pun tidak pernah saya sia-siakan saat-saat malam di luar rumah karena momen ini mahal, saya anak pingitan

benderang itu bagaikan lambang kebebasan


kini, saat telah dewasa, entah mengapa

sebenderang apapun lampu kota di kala malam, menurut saya mereka redup

benderang itu telah menggambarkan kepenatan



penat...

Saturday, July 9, 2011

satu hal paling sulit di dunia ini menurut saya adalah analisis cepat di bawah tekanan. salut untuk semua orang yang bisa melewatinya dengan baik. tidak ada yang tidak mungkin. saya pun pasti bisa melewatinya. namun, ketika seseorang berada di bawah tekanan dan dalam keadaan mengantuk sementara di kanan dan kiri bersahut-sahutan berbagai macam pertanyaan, oke, maka orang itu pun tidak akan berpikir jernih. Padahal, ketika dia mengulang kembali pertanyaan2 tersebut setelah segala tekanan itu lepas dan dia bisa kembali menghirup udara segar, jawaban mengalir deras di dalam kepala. well, yeah, "orang hebat adalah orang yang bisa menganalisa dengan cepat, tepat, dan bermanfaat. bukan aktif atau pasif. bukan menggurui, tapi mengkader." Dan jujur, saya lebih suka berpikir lewat tulisan, tapi bukan berarti saya tidak bisa berpikir secara lisan :)

Wednesday, May 18, 2011

ya Allah,
mudahkanlah jalannya, seperti Kau mudahkan jalanku
matikanlah penyakitnya, sehingga semangatnya hidup lagi
bimbinglah dia, sehingga dia bisa meraih apa yang dia mau
aku tidak ingin menikmatinya sendirian
biarkan mimpi kami dan orangtua kami terwujud
kembalikan keceriaannya, dan jadikanlah dia seseorang...
amin

Friday, April 22, 2011

#eeeh

kerjaan saya dikala menganggur sebelum kuliah dulu adalah ngerjain tugas ospek orang lain.

kerjaan saya dikala sudah kuliah sampai sekarang adalah internetan sehingga kerjaan yang semestinya dikerjakan jadi terbengkalai.

eaaaaaaaaaaa

Tuesday, April 19, 2011

saya tidak mau menjadi bayangan orang lain

biarkan seluruh dunia tau siapa saya!!!

saya, yang memiliki bentuk, rupa, dan warna. bukan bayang-bayang orang lain!

hai, sekumpulan orang yang dinamai teman..

SAYA ADA!!!!

seberapa penting eksistensi itu?

bolehkah saya menunjukkan karya dan kemampuan saya? bolehkah?

Tuesday, April 5, 2011

dear sahabatku

sahabat, seringkali saya ingin menghabiskan waktu berdua denganmu seperti kala dulu...
...tapi seringkali pula pacarmu turut serta dalam setiap pertemuan kita



oooh miris

Friday, April 1, 2011

nomor kembar

nomor handphone kembar?


xxxxxxxxx91 & xxxxxxxxx92

yeaaa,,, hasil romansa kelabilan masa muda itu sepertinya sudah tidak kembar


artinya?


ya sudah tidak ada lagi kisah romansa


entah harus senang atau sedih


lalalalalla~

Sunday, March 27, 2011

bersin

setelah dipikir-pikir (dengan sudut pandang moral) kenapa dalam satu hari saya bisa bersin sampai 50 kali karena Tuhan (sepertinya) menyuruh saya agar selalu bersyukur dan banyak-banyak mengucapkan hamdallah.


Alhamdulillah


Alhamdulillah


Alhamdulillah


Thanks God for reminding me...

Wednesday, March 23, 2011

apakah saya harus mencari pacar?

apakah harus???

faktanya adalah, saya malas dan gak ada selera sama siapapun itu, gak peduli dengan batasan umur menikah yang dikasih nyokap, gak peduli dengan istilah "semester tujuh masih jomblo", gak peduli dengan segala ke-ajojing-an ini. gak peduli! sedang tidak peduli lebih tepatnya.

kadang saya mikirin, kenapa yah "mencari pacar" jadi begitu sangat sulit buat saya selama 2 tahun terakhir ini? padahal tadinya ibarat tinggal tunjuk dan aloha... saya pun punya pacar. kemudian setelah dipikir-pikir, mungkin karena kebutuhan saya adalah nyari pacar yang akan jadi suami, makanya dijadikan sulit karena nyari suami gak segampang tinggal tunjuk seperti yang sudah-sudah. ah, ya sudahlah. yang jelas saya sedang tidak menaruh minat dengan manusia kromoson XY.

abaikan ajalah tulisan ini, soalnya gak penting

Wednesday, February 23, 2011

selamat ulang tahun sajalah

ya, tidak ada lagi hadiah, kue, ataupun kejutan, hanya rangkaian kata, itupun disini. semoga kau sukses selalu menggapai apa yang kau impikan dengan anugrah sehat yang senantiasa menyertaimu: teman, sahabat, dan orang yang pernah berbagi kasih.
selamat 22 tahun, MA. :)

Saturday, February 12, 2011

teramat sangat disayangkan jika sebuah hubungan pertemanan harus berakhir karena masalah pribadi, apalagi jika itu masalah pribadi orang lain. come on, guys!
buka mata, buka hati, buka pikiran.
life is too short to hate somebody else in your life

Thursday, February 10, 2011

skip

banyak cita-cita
banyak mimpi
banyak harapan
banyak angan
dan saya ingin merealisasikan semua itu
dengan mengesampingkan urusan yang satu ini saja
cinta, saya izin skip
sampai bertemu lagi
ketika semua telah terwujud

Thursday, February 3, 2011


these fruits show me that you shouldn’t have similar thing to be united

Monday, January 31, 2011

satu lagi

entahlah.. kalo boleh bilang capek sih capek. bosen juga udah dari dulu. tapi tiap tiap itu, ga tau kenapa kok saya sangat yakin sekali ya ntarnya bakal gimana-gimana. masih belom kebiasa kali ya bok. kita liat aja ntar dah.

ah, efek tengah malam. gak jelas

Sunday, January 30, 2011

benar atau salah

apakah saya terlalu bersalah atau saya terlalu benar hingga dijadikannya saya yang seperti ini?


saya tau itu hak penuh atas kekuasaannya. tapi itulah pertanyaan yang belum pernah terjawab sampai sekarang. mengapa, mengapa, dan mengapa? apakah jauh di ujung dunia sana ada sekotak peti yang belum pernah dijamah yang khusus disediakan untuk saya? atau hanya ada kain lap pel yang terbentang di depan kamar saya?
lalu kapan?
jawab, Tuhan...

Friday, January 28, 2011

ketika bangun di pagi hari

hari ini, ketika bangun di pagi hari
antara bahagia karena masih bisa terbangun
dan pahit ternyata saya harus kembali menghadapi realita

senyum

berusaha untuk tetap tersenyum, walaupun bagi saya sekarang senyum itu busuk.
tapi buat apa senyum jika palsu?

Thursday, January 27, 2011

mata kuliah paling menyenangkan semester ini

adalah KEMKER!!!
mengapa?
karena dengan takjubnya, saya dapat menyaksikan seisi kelas adalah Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika ITB Angkatan 2008, sekitar 82 orang, yang akan diusahakan pesertanya mencapai angka 99.
taukah kalian, kawan? saya senang melihat kita ternyata masih bisa kumpul satu angkatan, walaupun hanya di satu mata kuliah ini. :)

Sunday, January 23, 2011

so,

what should i get ready for?


sincere, he said


then i hope God will give me a willingness of my heart

Tuesday, January 18, 2011

apakah sama?

pernah dengar siklus tambal sulam?

pertanyaan saya adalah, apakah sama siklus gue ngutang bulan januari, dikasi duit bulan februari, dibayar utang, trus ngutang lagi, dikasi duit bulan maret, bayar utang, trus ngutang lagi, dikasi duit bulan april, dibayar utang, trus ngutang lagi, dst dst

dengan

seseorang suka sama si A tapi si A ga suka, sukanya sama si B, tapi si B ga suka, sukanya sama si C, tapi si C ga suka, sukanya sama si D, dst dst..

udah, jangan dipikirin. saya cuma sedang random

Friday, January 7, 2011

biarkan saya galau sekali lagi

ya, ini masih tentang cinta. cih, cinta. terkadang ingin sekali saya meludahi cinta. mengapa? karena saya adalah wanita. ya, wanita, yang bahkan untuk melakukan sesuatu atas dasar cinta pun masih terhalang dan terbatas atas kewanitaannya itu. dan keterbatasan itulah yang ternyata selama ini membuat saya galau. saya harus bagaimana? apakah kalau saya begini atau begitu tidak apa-apa? bikin pusing.


huh, cinta. sebenarnya, menulis dan mendengarnya saja saya geli. hiii. namun apa mau dikata. cinta menghampiri saya dengan segala keangkuhannya. terombang ambing emosi sendiri. tersesat oleh kebingungan. akankah cinta ini terkirim pada orang yang tepat? apakah orang ini menangkap sinyal-sinyal cinta? akankah cinta ini terbalas? saya tidak tahu. maka saya pun galau.

sekian

Saturday, January 1, 2011

ketika kepekaan sosial diuji

akhir-akhir ini saya sedang tertarik mempelajari kehidupan sosial orang lain, dari berbagai macam latar belakang ras, suku, dan agama. kemarin habis baca majalah tempo yang ngasih berita eksklusif bencana di manokwari, mentawai, sama merapi sleman. baru baca segitu aja udah WOW. kurang lebih satu bulan yang lalu, saya utarakan keinginan ini sama senior, dan dia bilang, salah satu dosen saya di kampus pernah bikin buku tentang suku-suku yang ada di indonesia. ih waw ih waw terbarik bangget!!! tapi sampai sekarang saya belum sempet ketemu sama beliau.


ternyata, ilmu sosiologi itu menarik loh untuk dipelajari. tapi kenapa waktu SMA dulu saya sama sekali gak naruh minat sama pelajaran sosiologi ya? apa karena faktor guru? ups. gak hanya dari baca buku sih. untungnya, saya dikasih kesempatan beberapa hari yang lalu buat kerja proyek selama 3 hari di desa gunung halu, kab bandung barat. dusun miskin listrik, buang air juga outdoor. sebenarnya, gak harus muluk2 pergi kemana-mana buat belajar ilmu ini. di lingkungan sehari-hari saya kuliah pun, kepekaan sosial sudah benar-benar diuji.


ketika kepekaan sosial diuji, saat inilah saya mengalami revolusi cara berpikir untuk yang ketiga kalinya sepanjang hidup saya

sebenernya tulisan ini masih mentah banget, baru mukadimahnya lah. saya mesti mikir dulu sebelum nulis tulisan yang rada serius, supaya enak dibacanya. hehe. sampai jumpa di postingan selanjutnya!