Tuesday, December 21, 2010

dude, i'm not a joke. please don't laughing at me.

mimpi

apa itu mimpi?

saya sendiri menganggap mimpi itu incredible. bukan, bukan berarti saya percaya 100% pada mimpi di setiap tidur saya. saya hanya takjub akan adanya mimpi.

mimpi, yang merupakan formasi dari penglihatan, pendengaran, perasaan, dan pikiran. Ya, pikiran kita dijamah ketika tidur, di alam bawah sadar. Kita hidup, kita bergerak, kita melakukan aktivitas. namun itu semua hanya dalam mimpi. HANYA dalam mimpi. tapi seringkali mimpi bisa menghubungkan kita dengan dunia nyata. Pernah menangis saat bermimpi? saya sering. dan ketika terbangun dari mimpi, ternyata saya pun sedang menangis. tangisan yang terbawa oleh mimpi. pernah terpeleset di dalam mimpi? saya sering. di saat saya bermimpi terpeleset, saat itu pula saya merasa kejang saat tidur. bagaimana dengan kalian?

mimpi, yang pernah saya baca entah pada suatu hadis atau ayat Al-Qur'an, terdiri dari 3 macam:
1. Petunjuk dari Tuhan
2. Gangguan dari syaitan
3. Hal yang sedang kita pikirkan
dan saya percaya ketiganya.

sayangnya, dalam seminggu terakhir saya memimpikan hal yang sama, orang yang sama. ternyata orang itu tidak hanya hadir di kehidupan nyata saya saja, dia juga sudah merasuki alam bawah sadar saya. untuk yang satu ini, saya angkat tangan. saya tidak bisa mengontrol. memang saya bisa request sama Tuhan mau mimpi apa malam ini, setelah sebelumnya disodori buku menu mimpi dan saya memesan mimpi yang harganya paling mahal? hai, lelaki, bahkan bermimpi tentang kamu pun saya tidak berani, apalagi mendamba di kehidupan nyata... dan saya sangat yakin, mimpi-mimpi saya ini adalah tipe mimpi yang ketiga. karena itulah yang sedang menjadi pikiran saya saat ini.

abstrak. sama seperti kamu.

Friday, December 17, 2010

masihkah?

ada kebersamaan setelah semua ini berakhir?

Monday, December 13, 2010


Gunung Kerinci, selalu tampak malu-malu. Jadi ingin pulang kampung. Kerinci...

sekilas tentang ulang tahun

terimakasih teman-teman atas hadiah kejutan ulang tahunnya di menit-menit pertama tanggal 7 desember.. kalian emang caem banget!

Pake mukena karena datengnya waktu saya lagi Takbiratulikhram solat Isya


gelap, hehe . males ngedit. Clara curi-curi pandang ke Pak dosen ya?



and another gift from Prayudha. Tebak apa cobaaaa???? Jeng jeng jeng!!!

yak! novel tentang jilbab dan buku notulensi baru!!! huahuahuahua

udah lama banget deh saya gak dapet kado yang dibungkus kado. terakhir kapan ya? hahahaha. Makasih ya Yud! kadonya berguna sekali. makasih juga teman-teman yang pada saik..

Sunday, December 12, 2010

you know what

i thought that it was nothing.
just that.

Friday, December 10, 2010

bayi nirina

awalnya, saya hanya berniat ngerumpi bersama teman lama. Lalu sampailah kami pada topik "Nirina punya anak". Yak, katanya anak Nirina terlahir kuning dan harus ganti golongan darah. Wew.
Lalu saya ingat sesuatu. Saya pun dulu terlahir kuning dan hampir meninggal. Dan saya baru ingat, kalau saya pernah botak. Ya waktu baru lahir itu. Jadi, terbukti saya sudah mencoba berbagai macam model rambut. Hahahahahaha








sekarang

ini samar
sulit ditebak
sulit dibaca
tidak terjamah
antah berantah
katanya...
jangan dipertanyakan
tunjukkan saja!
lakukan saja!
dalam kesamaran ini
karena ada suatu celah di balik ketertutupan itu

Wednesday, December 8, 2010

lebih baik tidak tahu

hari ini, entah kebenaran atau kesalahan, saya mengambil tempat duduk di belakang ketika UAS KDG dan Geodesi Satelit. Untuk apa? Tidak untuk apa-apa. Hanya mencari tempat yang pewe buat ujian. Saya bosan duduk di depan. Ingin saja rasanya sekali-sekali duduk di belakang. Lalu apa hubungannya dengan "lebih baik tidak tahu?". ternyata memang lebih baik tidak tau apa-apa. lebih baik saya duduk di depan. tidur di kala ujian tetap tidur juga dengan duduk di depan. gak ada bedanya dengan duduk di belakang. yang membedakan hanya aktivitas di sekeliling saya saja.

setiap orang punya prinsip dan idealismenya masing-masing, setuju? dan prinsip idealisme saya, saya tidak akan pernah mencontek di kala ujian. dan hal ini sudah saya jalani semenjak saya lulus SMA. Mindset yang terbentuk saat itu adalah "memang siapa yang akan membantu saya ketika SPMB nanti?" dan saya mulai memperjuangkan apapun terjadi, akan bekerja dengan hasil sendiri. walaupun saya memang tidak lulus SPMB, namun mindset tersebut terus tertanam dalam otak hingga mengakar ke dalam hati. Buktinya, dengan tidak mencontek pun saya bisa lulus tes masuk ITB dengan hasil pembelajaran saya sendiri, dengan kemampuan saya sendiri. Jadi, saya merasa tidak punya alasan untuk kembali melakukan pekerjaan itu.

Bukan mau sok suci. tapi boleh kan punya prinsip? sama halnya dengan "saya tidak akan pernah membuat akun facebook" atau "saya tidak akan pernah cari pacar perempuan yang lebih tua dari saya" atau "saya tidak akan pernah memakai rok lagi, cukup terakhir SMA" atau apapun itulah. Jadi, berdasarkan pengalaman hari ini, lebih baik saya tidak tahu apa yang terjadi di sekeliling saya -orang hilir mudik membawa kertas contekan ke toilet, nyelipin kertas contekan di bawah lembar jawaban, dll. Saya pun tidak tergoda dengan iming-iming nilai IP yang (akan) besar jika saya ikutan mencontek. Saya bangga dengan nilai IP saya yang hanya segini. Dan mohon maaf bagi siapapun itu, kapanpun itu, jika Anda-anda saya jutekin kalo lagi nanya jawaban.

Lebih baik tidak tahu sih, memang.

Tuesday, December 7, 2010

selamat jalan galau

lebih tepatnya selamat jalan galau di blog
faktanya adalah
ternyata banyak yang baca blog saya
entah karena memang pembaca setia
entah penasaran
entah senang melihat orang galau
jadi
selamat tinggal para stalker blog tulisan galau saya
dan sampai berjumpa lagi di postingan yang lain untuk para pembaca setia

akhiri galau ini

galau ini harus dihentikan!!

tapi jatuh cinta ini tidak bisa dihentikan.

bisa gak, jatuh cinta gak pake galau?

Monday, December 6, 2010

malam-malam

ini adalah malam pengharapan dan penuh panjatan doa

kabar baik

walaupun kemarin tepat dua tahun...
saya senang karena berhasil membuat 5 desember menjadi hari yang sangat indah
saya sadar karena 4 desember merupakan hari yang sarat makna
saya lega karena tidak ada satu hal buruk pun yang terjadi di minggu pertama desember

terimakasih bagi siapapun itu yang menghancurkan sugesti saya:
1. pria yang beberapa bulan ini mengisi pikiran saya (saya gak akan terlalu berekspektasi kok)
2. mama yang sedari dulu jadi panutan dan inspirasi bagi saya (maaf dian selalu gengsi buat mengakuinya, hihi)
3. IMG yang sudah tepat 1 tahun ini menjadi keluarga saya

selamat ulang tahun yang pertama, 2008!!

Sunday, December 5, 2010

apa kabar?

hai dirimu yang tidak terlihat akhir-akhir ini

Saturday, December 4, 2010

hujan

tau gak? jarang sekali saya suka hujan. tapi saya sangat suka sekali hujan barusan. saya tembus hujan itu, menempuh jarak puluhan kilometer. hujan barusan pandai sekali menyamarkan apa yang sedang terjadi pada diri saya. saya suka, sangat suka. keinginan saya untuk menyendiri di hari ulang tahun saya berkurang. tapi kalau bisa menyendiri ke suatu tempat sepi dan damai sambil hujan-hujan rasanya mantap juga. boleh dicoba.

Friday, December 3, 2010

lucu kucu


ini bocah lucu unyu kucu bet kaga si?
ponakannya si kibay...
hayah pengen banget dicubit-cubit
satu keinginan saya yang tidak pernah tercapai dari dulu adalah punya adik perempuan.
adik pertama, kedua (alm), dan ketiga saya laki-laki. Mungkin itu ya yang membuat saya lebih banyak menghabiskan waktu di luar, sama temen-temen ngerumpi ngalor ngidul walaupun diantara temen-teman saya adalah anak bawang, tapi seneng aja kayanya punya sodara perempuan..

sepenggal percakapan dosen dan mahasiswa yang sedang bersusah payah menyelesaikan TA (5 cm)

“Interpersonal Skills itu apa?”

“Keahlian manusia untuk bergaul, mengerti emosi orang lain, membaca emosi yang terjadi di sekitarnya, kemampuan manusia untuk memahami orang lain dan mengerti orang lain, kalo bahasa anak mudanya kemampuan untuk nggak jadi orang yang ‘garing’”.

Gue juga tua-tua gini tahu arti ‘garing’, emang lo doang! Batin sang dosen yang diam-diam bangga sama mahasiswa di depannya ini.

“Kalo Intrapersonal skills?”

“Kemampuan manusia untuk mengerti dan mengendalikan emosi yang lagi ada dalam dirinya. Kalo interpersonal keluar diri, yang sekarang intra, ke dalam diri sendiri. Contohnya, nggak langsung down kalo lagi ada masalah, selalu bersemangat, tekun, kalo lagi ada masalah langsung bangkit bukannya malah tenggelam dalam pikiran negatif, selalu bangkit lagi, nggak pernah nyerah kalo nemuin hambatan, Pak! Nggak pernah nye…”

“Nggak pernah apa Ian?”

“Nggak pernah nyerah, Pak.”

“Apa…?” sang dosen berkata agak keras dan menatap Ian tajam.

“Nggak…

Pernah…

Nyerah…

Pak…”

Hati Ian terasa lain, semangatnya kembali hadir di dadanya.

“Selamat siang, Ian. Bisa kok semuanya selesai dalam dua bulan.” Sang dosen pun berdiri dan dengan senyum puas mempersilakan Ian keluar dari ruangannya. “Nanti kamu datang lagi dengan kuisioner yang pastinya udah selesai. Saya yakin kok sama kamu.”




ayo-ayo semangat semua siapapun yang sedang mengerjakan TA atau skripsi!! Khususnya Rizky Nurhadiati, Marsha Sakina, teman-teman SMA saya yang lain, senior-senior IMG, atau yang akan ngambil TA semester depan, Maulana Aziz. Semangat semangat!!!

belum juga tidur


hayyah, ini pertama kalinya saya ngaplod gambar di blog saya. tapi kenapa saya jadi numblr di blogger ye?

saya gak mau kasih judul karena emang bingung

GDgirl67: "yan, maaf gw ga tau kalo sekarang lo lagi galau soal cinta, IMG, dan akademis"


memang iya, ya? tapi memang yang sedang sangat mengganggu pikiran saya ya itu2 dia adanya.
sebenarnya apa sih yang sedang jadi fokus saya sekarang sampai saya:
1. lupa pulang ke rumah
2. lupa ada tumpukan cucian yang harus saya cuci dan setrika
3. lupa ada kuliah jam sekian (akhirnya bolos)
4. lupa makan
5. lupa melakukan kewajiban mahasiswa (belajar)
6. lupa ada janji
7. lupa nyuci si ballack (sampai sekarang udah berkerak sepertinya)
8. lupa yang di atas. jarang sekali saya mengucapkan ini (alhamdulillah)
9. lupa kalau saya harus segera tidur
10. lupa teman

sampai-sampai teman saya tadi bilang
marsha: "ya ampun, yan. lo kacau abis. demi Tuhan lo harus punya pacar, biar ada yang ngontrol"

yah, balik lagi deh ujung-ujungnya yang satu itu.
bingung kan

yang jadi pikiran saya saat ini

sampai kapan saya mau galau terus???!!!
sumpah ini harus diakhiri!

Thursday, December 2, 2010

kegalauan bulan desember



biarlah, biar
biarkan kami tenggelam dalam pikiran kami masing-masing
aku tau, ini desember
kau sibuk menyelami masa lalumu
aku pun runyam mengisi pikiranku dengan ketakutan masa lalu
tapi tak taukah kau?
"sejarah adalah awan yang padat berisi tapi ketika disentuh menjadi embun yang rapuh"
walaupun ingatan itu sangat jelas, kau tak akan pernah bisa kembali
maukah kau kuberi tahu sesuatu?
aku ingin meruntuhkan tembok-tembokmu
tapi kau tidak memberi kesempatan
aku tidak pernah diberi kesempatan
tak bisakah aku membantumu atau kau membantuku
untuk menghilangkan ini?
kegalauan bulan desember
tidak
aku tidak pernah diberi kesempatan
padahal orang bilang berbagi itu indah
dan aku ingin berbagi denganmu

Wednesday, December 1, 2010

terimakasih dik

kejadian: 30 november 2010
tkp: selasar geodesi

danlap: bisa saja saya mengganti ketua angkatan kalian sekarang, sepakat?
juniro: siap tidak seniro
saya: kenapa kamu tidak sepakat ketua angkatan diganti?
juniro1: siap karena kami merasa ketua angkatan sekarang bisa memimpin kami dengan baik seniro
saya: bisa memimpin. tapi setiap orang punya jiwa pemimpin. sepakat?
juniro1: sepakat seniro. tapi tidak semua orang mau menjadi pemimpin, seniro. menurut saya harus ada kemauan dulu, seniro. ketua angkatan yang sekarang mau memimpin kami
saya: gimana kalau ternyata ada di antara kalian yang mau jadi ketua angkatan tapi dia gak berani bilang aja? cuma ketua angkatan kamu sekarang yang berani tunjukin?
juniro1: menurut saya itu gak mungkin seniro. kalo dia mau menjadi pemimpin, dia harus bisa memimpin dirinya sendiri untuk bilang kalau dia mau menjadi pemimpin, seniro
#tohokan pertama


saya: ayo, juniro. argumentasi dong, jangan mau main fisik kaya gini. kamu udah bagus, juniro. selalu dateng tiap acara, cuma kamu sendiri yang gak sakit disini. saya yakin banget kamu nangkep semua materi yang kami kasih, cuma kamu gak berani bilang aja.
juniro2: siap seniro
saya: ayo ayo pikir, juniro. kamu itu yang suaranya paling jarang kedengeran tauk. ngerasa gak kamu, kalo kamu cuma kurang 1 hal doang, keberanian?
juniro2: siap iya seniro
saya: kamu dapet manfaat gak dari ikut acara ini?
juniro2: siap dapet, seniro
saya: apa?
juniro2: saya jadi sedikit lebih punya keberanian, seniro.
saya: bagus. ayo terus kembangin, manfaatkan acara ini buat ngembangin diri kamu. emang gak pasti langsung berubah, ini yang namanya proses, perlahan-lahan. saya mau nanti kalo acara ini beres, kamu gak malu-malu lagi, ngerti?
juniro2: siap ngerti seniro
#tohokan kedua

bicara dengan juniro-juniro yang ini seperti bicara dengan cermin. wew. keberanian, dian.